Syukuran Wisuda Mahasiswa Thailand di Unwahas

Foto : para mahasiswa pattani Thailand sedang menjalani prosesi syukuran

Pengabar25.co - Prosesi pelepasan mahasiswa setelah menjalani proses panjang pendidikan dan pembelajaran serta tahapan demi tahapan dalam tridarma perguruan tinggi hingga akhirnya sebanyak 734 Wisudawan Wisudawati Unwahas XXXI. Selesai diwisuda di Gedung Convertion Hall Komplek Masjid Agung Jawa Tengah, Rabu 16 Oktober 2019.

Dari hal itu, ada beberapa prosesi syukuran diantaranya dari mahasiswa Pattani Thailand yang setiap ada lulusan dari daerah mereka selalu mengadakan syukuran dan tajuk ucapan selamat.

"Harapan semoga mereka jadi contoh tauladan bagi kami disini," Ucap Sulaiman Tayeh selaku panitia kegiatan.

Sulaiman yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional semester tiga tersebut mengungkapkan bahwa rata-rata yang diwisuda langsung pulang ke kampung halaman. "Ya, setelah ini rata-rata kakak-kakak yang sudah wisuda langsung balik ke kampung halaman," imbuhnya.

"Acara ini merupakan syukuran dari tamu yang hadir dari perwakilan HMPI, diantaranya; IAIN Tulung Agung, IAIN Jember, UIN Walisongo," sebut Ketua Himpunan Mahasiswa Pattani Indonesia (HMPI) Semarang, Akrom Sideh.

Dalam wisuda yang ke-31 bulan oktober ini, terdapat 4 lulusan dari pattani thailand yang menjalani studi di unwahas. Mereka berasal dari masing-masing fakultas diantaranya Hasan Bonai dari Fakultas Ekonomi, Hilmi Besa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan dua dari Fakultas Agama Islam yakni Nadzifah dan Adznah.

Hasan Bonai yang merupakan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam dan merupakan mahasiswa yang telah di wisuda tersebut mengaku memiliki kesan tersendiri selama menempuh ilmu di Unwahas diantaranaya ialah kerukunan beragama di lingkup para mahasiswa.

"Kesan masuk di Unwahas pertama tentu saya berusaha beradaptasi dengan orang sekitar, dan setelah itu saya kagum dalam kerukunan hidup perbedaan antar agama dan saling menghargai setelah beberapa tahun ini berada dan bergaul dengan para mahasiswa hingga sampai wisuda," tutur Hasan.

Selain itu ia juga berharap semoga ilmu yang di pelajarinya selama kuliah di unwahas nantinya dapat bermanfaat. "Harapan belajar di indonesia sangat berharga kedepan semoga ilmu yang di dapat dapat bermanfaat untuk di terapkan ke masyarakat. apa yang di dapat selama ini semoga kita dapat mengembangkan dan mendakwahkan di thailand," harapnya.
<>

Comments

POS TERATAS :