Ajakan Berfikir Kritis Mahasiswa Unwahas bentuk Forum Diskusi


Foto : Berlangsungnya diskusi Lentera di depan Lab. Ekonomi Gedung C. Kampus 1 Unwahas

Semarang, unwahas - Atas dasar melatih daya pikir kritis dan pemahaman mendalam seputar materi kampus mengenai ilmu politik yang kurang difahami di dalam kelas, inisiasi program dan realisasi dari beberapa mahasiswa maka terbentuklah forum diskusi bernama "Lentera".   Rabu, 10 April 2019

Forum Diskusi Lentera tersebut rencananya akan diadakan setiap seminggu sekali, di hari Rabu, Pukul 19.30 WIB. Di depan Lab. Ekonomi Gedung C. Kampus 1 Unwahas.

"Lentera merupakan suatu wadah yang dibentuk dan bertujuan untuk memberi pemahaman lebih mengenai hal dari ilmu politik," ungkap riky selaku narahubung pertama dari diskusi lentera

Riky yang merupakan mahasiswa fisip semester 2 tersebut juga menjelaskan bahwa terbentuknya lentera berawal dari permasalahan yang dialami mahasiswa, dimana sebagai mahasiswa yang pada harapan besar dapat menjadi agen perubahan untuk lingkungan ketika sudah lulus dan terjun ke masyarakat.

Maka sebagai agen tersebut dibutuhkan kemampuan dalam hal menggerakkan, dimana salah satu cara tersebut adalah kemampuan tampil di depan umum (publik speaking) yang baik. Dengan menggunakan konsep diskusi yang santai,  harapannya dapat memancing para diskutor (pendengar diskusi) untuk lebih berani dalam menyuarakan pendapat dan pemikiran yang belum dipahami.

"Kalo konsep diskusi kita santai sih, nda perlu terstruktur formal gitu, karena tujuan ini kan memancing keaktifan temen ya, baik dalam bertanya maupun menyuarakan tanggapan. Selain  itu juga kita sebelum acara dimulai dan pemateri datang kami buat semacam pancingan dimana tiap para diskutor kami mintai pendapatnya tentang pengertian dari tema permasalahan yang akan di angkat dalam diskusi," tandasnya.

Pada saat pembukaan acara turut pula di hadiri Dosen jurusan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim Zudi Setiawan, S.IP., M.Si. yang juga bertindak sebagai pemateri dari forum diskusi tersebut dan menjelaskan tentang konsep awal sejarah dari ilmu politik serta beberapa tokoh pelopor.

Selain itu Zudi Setiawan, S.IP., M.Si. yang juga merupakan Ketua Jurusan dari Ilmu Politik Unwahas tersebut sangat mengapresiasi atas terbentuknya Lentera dan ia berharap bahwa diskusi Lentera dapat berjalan konsisten dan dapat terus berkelanjutan.

"Saya ber terimakasih kepada teman-teman sekalian yang ada disini, telah meng inisiatori terbentuknya Lentera ini. Harapan saya tentu ada ke istiqamahan. Karena ada pepatah yang mengatakan istiqamah lebih baik dari pada seribu karamah. Dari hal ini juga saya berharap nanti Lentera ini selalu ada dan berkembang ya, bahkan masih ada ketika kalian sudah tidak ada (Lulus)," tuturnya.

(Amepres)

Comments

POS TERATAS :