Hikayat Darah Muda

OPINION
Foto - Temu Diskusi beberapa Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Universitas Wahid Haysim Semarang. Di Aula Masjid Al Ihsan, Sampangan, Gajahmungkur - Semarang. 
Selasa, 2 April 2019

"Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tetapi seorang pemuda mampu mengubah dunia!"

Begitulah kira-kira salah satu kata motivasi dari tokoh proklamator kita, bapak bangsa, presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.
Ketika mendengar pemuda apa yang terlintas di benak anda? Ambisius, semangat tinggi tingginya, ke egoisan, harapan masa depan? Ya. Semua itu lah yang dimiliki kaum muda.

Sedangkan menurut sajak lagu sang raja dangdut dalam bait lagunya, pemuda adalah sosok yang di ibaratkan selalu merasa gagah, salah tak mau mengalah.  Ya itu..  Darah muda judul lagunya. Lagu yang mendiskripsikan sosok kaum darah muda.
Tapi, itu lagu. Dan tidak semua pemuda sikapnya grusa-grusu (tegesa-gesa) dalam mengambil keputusan. Karena sikap pemuda yang sering ditemui itu ada dua, pemuda serius, dan pemuda sange.

Pemuda serius
Diibaratkan para golongan yang terdiri dari para mereka yang menonjol dalam hal prestasi, ini diibaratkan para kaum kutu buku (suka membaca). Mereka yang menggunakan harinya tak lebih untuk belajar dan belajar. Dan bermain hanya sekedar refresing.

Pemuda sange
Diibratkan para kaum pemikiran moderat (tengah-tengah), kadang serius, kadang bercanda, suka kumat-kumat kalo lagi dapat hidayah ya, sok jadi orang pinter seantero jagat. Banyak berfikir program, meski kadang tak jalan. Yaa penting buat.

Itulah pemuda, kedua sikap yang berbeda, tapi taapa. Karena mencoba dimasa muda adalah hal yang baik. Gagal dimasa muda adalah hal yang baik, daripada gagal dimasa tua.  Perbanyak jejaring, komunitas diskusi. Maka pengetahuan penambahan pemikiran dengan sendirinya akan didapat.

Sebagai Generasi Muda tentu harus bisa menjadi pionir pembawa perubahan (Agent of Change). Oleh sebab itu sikap kreatif, aktif, hingga produktif dalam menghabiskan masa muda harus menjadi hal yang wajib dimiliki generasi muda. Dengan memanfaatkan masa muda yang selalu diisi dengan kerja keras dan mimpi untuk diwujudkan.

Mengisi masa muda dengan kegiatan-kegiatan yang produktif berkemanfaatan. Memperbanyak berjejaring melalui organisasi dan forum diskusi.

:~

Comments

POS TERATAS :