Mahasiswa Harus Aktif

Kurang Suka Membaca? Ikutlah Aktif Di Kegiatan Kampus. Dengan Berorganisasi, dengan Diskusi.


Mengulas tentang literasi, rendahnya minat baca dikalangan generasi kita, bahkan banyak diantaranya lebih memilih bermain dari pada membaca. hal ini pun diperparah dengan adanya konektifitas digital dengan keberadaan telepon pintar (android), dengan berbagai fitur memanjakan di dalamnya, salah satunya adalah permainan game mobile. Bahkan sampai-sampai ada anak yang mampu memiringkan ponselnya berjam jam atau bahkan seharian penuh. Ya, ngapain lagi kalau tidak untuk bermain game dan menuruti nafsunya untuk menyianyiakan waktu hanya demi kenaikan level permainan. sungguh disayangkan memang. ketika waktu yang seharusnya digunakan untuk melakukan kegiatan yang posistif justru dihabiskan ber jam-jam dengan sia-sia.


Hal itu memang menjadi salah satu penyebab rendahnya literasi bangsa ini. Namun kali ini saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai hal tersebut. karena ada kegiatan lain diluar membaca yang dapat menambah kapasitas literasi kita. yaitu Diskusi.

Jika mendengar kata diskusi, apa yang terfikir dalam benak anda?  kumpul bareng? berpendapat? tukar informasi? ya, itu merupakan salah satunya.


Berdiskusi merupakan sarana tukar informasi, mendengar dan menyuarakan pendapat, bertukar dalam hal pemikiran membahas tentang salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberi pemahaman yang baik dan benar.

Dunia kampus merupakan dunia yang menyimpan begitu banyak potensi dimana mahasiswa dapat mengeksploitasi segala potensinya saat bergelut di dalamnya. Berinteraksi dengan sesama mahasiswa, dosen, atau akademisi lain bisa menciptakan interaksi positif dan kemajuan intelektual.

  

Manfaat yang didapatkan dari diskusi, diantaranya :

-Membiasakan sikap saling menghormati dan menghargai

-Dapat mengembangkan daya pikir, pengetahuan dan pengalaman

-Melatih untuk berpikir kritis

-Menumbuhkan kreatifitas

-Melatih kemampuan berbicara di depan umum


Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu di bidang akademik ialah dengan cara melalui perbaikan proses belajar. Berbagai konsep dan wawasan baru tentang proses belajar seperti diskusi telah muncul dan berkembang pesatnya seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Diskusi merupakan proses belajar yang mana suatu proses yang membuat suatu informasi yang diperoleh melalui proses persepsual menjadi punya arti dan makna bagi proses pemilihan tindakan. 


Di dalam Kampus sendiri pasti ada organisasi, entah yang bersifat intra kampus maupun ekstra kampus. Untuk itu kita sebagai mahasiswa janganlah menjadi mahasiswa yang pasif, yang pergi ke kampus hanya ikut makul lalu kembali kos lagi. Dengan adanya beberapa organisasi yang ada kita harus dapat memanfaatkanya, dengan cara ikut aktif di dalamnya. Karena  dalam Berorganisasilah kita dapat menambah aktualisasi diri. Setidaknya kalau kita tidak begitu suka dengan membaca kita dapat ikut diskusi. Dengan mendengarkan para senior organisasi dalam menyampaikan materi. karena hakikat ilmu selain diperoleh dengan membaca juga dapat melalui mendengar.  


Mahasiswa merupakan generasi muda yang memiliki peranan penting dalam proses maju dan berkembangnya suatu bangsa. Tanggung jawab untuk meneruskan keberlangsungan negara merupakan tugas generasi muda, termasuk mahasiswa di dalamnya. Sehingga mahasiswa dituntut untuk memiliki potensi dan semangat yang luar biasa. Menjadi mahasiswa yang luar biasa, cerdas, serta berbudi pekerti luhur yang sejalan dengan negara dan bangsa Indonesia memang tidaklah mudah, untuk itu mahasiswa harus benar-benar menghayati dimana dirinya ditempatkan. Budaya membaca, diskusi, dan menulis merupakan budaya yang bagus dikembangkan dan dilestarikan untuk menjawab tanggung jawab generasi muda mendatang.


Mahasiswa tanpa membaca, diskusi, dan menulis selayaknya perang tanpa membawa senjata, karena dari ketiga tradisi tersebut mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan. Membiasakan membaca adalah suatu hal yang dapat dikatakan wajib bagi mahasiswa, karena dengan membaca dapat memperoleh banyak informasi-informasi baru dan ilmu pengetahuan yang tak terbatas dan Diskusi mejadi penyempurnanya. Karena dengan diskusi kita dapat saling berbagi, dengan diskusi kita dapat saling memahami. Berbagi dalam hal informasi, berbagi dalam hal pengetahuan. Memahami setiap situasi, memahami cara dalam menyampaikan informasi sehingga dapat memperkaya intlektualisasi diri.

Comments

POS TERATAS :